Kamis, Mei 15, 2008

Memilih Tempat Usaha


Handout Matakuliah : Kewirausahaan (3 sks)

Dosen : Dra. Yasnimar Ilyas, M.Si.


Dalam hal ini tempat usaha penting dilakukan karena akan menyangkut efisiensi transportasi, sifat bahan baku atau produk nya, dan kemudahannya mencapai konsumen. Kesemuanya ini pada akhirnya menyangkut faktor “Efisiensi pengeluaran” yang berarti meningkatkan daya saing karena harganya yang lebih kompetitif. Jika persaingan tidak terlalu hebat, ini akan meningkatkan laba. Penentuan tepat juga menyangkut kebutuhan luas bangunan dan kemungkinan pengembangan dan serta perluasan usaha. Untuk tiap jenis usaha menghendaki penentuan yang berbeda. Usaha perdagangan akan membutuhkan lokasi yang berbeda dengan usaha produksi/industri. Sifat bahan yang diolah, bahan yang dipasarkan ikut mempengaruhi penentuan lokasi usaha.

Pertimbangan lain yang perlu dipelajari adalah kelancaran distribusi dan adanya peraturan atau kemudahan yang mungkin disediakan pemerintah. Pada perinsipnya ada tiga faktor bahan pertimbangan untuk memilih tempat yang cocok, yaitu;

1. bahan baku, pasar, dan ongkos transportasi;

2. lingkungan; dan

3. lain-lain yang membantu proses kelancaran kinerja perusahaan. Tetapi biasanya faktor pertama merupakan yang utama.

A. FAKTOR BAHAN BAKU, PASAR, DAN ONGKOS TRANSPORTASI.


Pertimbangan bahan baku seperti mudah rusaknya bahan baku, ukuran berat, volume, secara langsung berpengaruh terhadap biaya transportasi dan proses produksinya. Usaha produksi yang menggunakan bahan baku yang mudah rusak seperti ikan dan susu akan lebih menguntungkan bila memilih lokasi dekat bahan baku dari pada usaha produksi yang menggunakan bahan baku tahan lama seperti pembuatan tempe misalnya. Untuk usaha produksi tempe, mengingat sifat tempe yang cepat rusak maka lebih tepat bila memilih lokasi dekat pasar meskipun menyangkut kedelai mungkin membutuhkan biaya transportasi yang relative lebih tinggi.

Dengan mempertimbangkan sifat mudah rusaknya bahan baku atau hasil produksi seperti contoh di atas mungkin sudah cukup. Tetapi perlu dipertimbangkan benar tentang biaya transportasinya. Selanjutnya tinggal memilih di mana tempat yang sesuai. apakah dekat jalan pantai, dekat jalan raya untuk pembuangan limbah yang telah di olah, atau dekat sumber air melimpah untuk bahan pembantu yang sangat di butuhkan dalam usaha tersebut? Tetapi mungkin akan lebih sulit untuk memutuskan bila faktor yang dipertimbangkan mempunyai bobot yang sama. Sebagai contoh, industri tepung terigu. Hasil produksinya mempunyai sifat tahan lama dan bahan bakunya meskipun cepat rusak tetapi relatif aman. Contoh lain, mendirikan perusahaan dagang seperti toko, distributor atau perwakilan (agen). Dalam hal ini tentu lebih menguntungkan untuk memilih lokasi dekat pasar, baik pasar secara fisik maupun pasar dalam arti konsumen. Jenis dan sifat industri setempat, jumlah dan tingkat sosial penduduk, kemajuan kota, kebiasaan dan kesukaan berbelanja, dan persaingan merupakan pertimbangan lain yang diperlukan untuk memilih lokasi usaha perdagangan.

Dalam memberikan pemilihan tepat usaha berdasarkan bahan baku dan pasar ini sekaligus mempertimbangkan faktor biaya transportasi, tersedianya bahan pembantu utama dan kelancaran penyediaan bahan baku. Berdasarkan pertimbangan faktor ini dapat digambarkan alternatif tempat usaha sebagai berikut :

Sumber bahan baku ------------
à Tempat usaha : a. pasar 1

b. pasar 2

Sumber bahan baku a. pasar 1

Tempat usaha b. pasar 2

Sumber bahan baku -----------à Tempat usaha a. pasar 1

b. pasar 2

Pemilihan lokasi usaha berdasarkan faktor bahan baku pasar dan biaya transportasi.

B. FAKTOR LINGKUNGAN SETEMPAT


Pertimbangan faktor lingkungan setempat ini cukup banyak. Tentang kemungkinan pengadaan tenaga kerja yang murah dan mudah, pengaruh usaha terhadap lingkungan, jumlah dan tingkat sosial penduduk, adat, istiadat, tingkat harga tanah, dan tersedianya bahan pembantu penting termasuk dalam pertimbangan ini. Salah satu contoh pengolahan yang membutuhkan banyak air seperti pembuatan sari buah, penyamakan kulit, pengolahan ikan dan sebagainya harus memperhitungkan apakah lingkungan mampu menyediakan sumber air yang memadai dalam jumlah maupun mutunya. Diamping itu, perlu dipertimbangkan pula kemungkinan pengaruh limbah yang dibuang sehingga tindak tidak akan merusak lingkungan.

C. PERIHAL LAINNYA

Hal-hal lain yang dapat dijadikan bahan pertimbangan tambahan di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Fasilitas yang disediakan Pemerintah seperti listrik, telepon, fasilitas jalan, prioritas pemerintah atau keringanan-keringangan dan bimbingan yang kerap kali dikaitkan dengan proyek-proyek Pemerintah di suatu daerah tertentu.

2. Kebutuhan-kebutuhan bahan bangunan seperti semen, batu, pasir dan sebagainya merupakan pertimbangan lain yang berkitan dengan pembangunan gedung.

3. Peraturan-peraturan setempat perlu pula dipertimbangkan dan wajib dipenuhi.

4. Faktor iklim, panas udara, dan kelembagaan yang berpengaruh terhadap kondisi kerja alat, mesin maupun manusia dapat juga menjadi bahan pertimbangan.

Faktor-faktor yang perlu diperhitungkan dalam memilih lokasi usaha adalah sebagai berikut :

a. Sifat bahan baku dan kemudahan mendapatkan secara terus menerus

b. Sifat produk yang dihasilkan, jarak dengan pasar dan biaya transportasi.

c. Pengadaan sumber daya manusia dan tingkat sosial masyarakat

d. Tersedianya sumber air yang memadai dan faktor lingkungan lainnya yang menunjang usaha.

e. Peraturan-peraturan setempat, fasilitas, dan kemudahan yang tersedia.

Sebagaimana halnya banyak keputusan lain, dalam memilih tempat usaha ini terlibat penilaian yang bersifat siklis. Faktor satu akan berpengaruh terhadap lainnya dan akhirnya muncul satu atau beberapa pertimbangan yang dapat mengesampingkan faktor lain. Namun demikian, di antara faktor-faktor tersebut yang paling menonjol adalah faktor bahan baku, pasar, dan biaya transportasi. Dalam hal ini dibutuhkan pertimbangan dan pemikiran matang yang logis.

1 komentar:

Ridwan Gunawan mengatakan...

Makasih banyak ya pencerahan dan infonya

Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, silahkan klik Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah

Pusat Penjualan Hijab Jilbab Kerudung Terbaru harga termurah di Indonsia : Grosir Jilbab Murah di Indonesia.