Jumat, September 21, 2007

Handout OP (Pt ke-2)

HANDOUT ORGANISASI PERUSAHAAN
Pertemuan ke-2 (22 September 2007)



KONSEP DASAR & DESAIN ORGANISASI

Semakin kompleks ------------> tingkat diferensiasi

Differensiasi : proses mengalokasikan sumber daya dan orang ke dalam tugas-tugas dan menetapkan tugas dan tanggung jawab dalam hubungan kewenangan dalam mencapai tujuan organisasi

Diferensiasi 3 jenis :

© Vertikal : kewenangan penciptaan laporan

© Horizontal : mengelompokan tugas

© Spasial : Jarak antara kantor, pabrik dan personalia. Organisasi yang tersebar secara geografis Menciptakan keseimbangan antara Diferensiasi dan integrasi.

Integrasi -----> Proses melakukan koordinasi tugas, fungsi dan divisi sehingga mendapatkan pekerjaan tidak tumpang tindih.

Dalam mendesain organisasi perlu diciptakan keseimbangan dalam pengambilan keputusan sehingga tidak terlalu tersentralisasi atau terdesentralisasi.

Keseimbangan dapat diciptakan dengan memberikan kewenangan kepada manager menengah dan bawah untuk mengambil tindakan yang dihadapi oleh unit/divisinya, sementara manager puncak hanya mengambil keputusan yang bersifat strategis dan jangka panjang.

INTEGRASI

Pengertian :Proses melakukan koordinasi tugas-tugas, fungsi dan divisi.

Mekanisme :

  1. Hirarki kewenangan
  2. Kontak langsung
  3. Peranan penghubung
  4. Gugus tugas
  5. Tim
  6. Peranan pengintegrasi
  7. Dept. Dengan tugas khusus

    PERBEDAAN ANTARA STRUKTUR ORGANIS DAN MEKANIS :

Struktur Organis :

  1. Spesialisasi individu
  2. Mekanisme integrasi sederhana
  3. Standarisasi
  4. Status

STRUKTUR MEKANIS :

  1. Spesialisasi sederhana
  2. Mekanisme Integrasi kompleks
  3. Mutual adjusment
  4. Status


STANDARISASI :

PENGERTIAN : Penyesuaian ke arah bentuk, model, atau contoh yang lebih spesifik.

PEDOMAN : Norma dan peraturan yang telah ditetapkan.


MUTUAL ADJUSTMENT :
PENGERTIAN :
Kompromi yang muncul ketika pembuatan-pembuatan keputusan dan koordinasi sedang dalam proses & orang-orang lebih menggunakan aturan prosedur untuk mengatasi masalah.


DIFERENSIASI :
PENGERTIAN :
Proses pengalokasian orang-orang dan sumberdaya kedalam tugas-tugas organisasi dan menetapkan hubungan kewenangan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

JENIS-JENIS :

  1. Vertikal
  2. Horizontal
  3. Spesial

KESIMPULAN :

Dalam mendesain organisasi tidak ada ”rumus” yang dapat digunakan sebagai pedoman. Konsep-konsep dasar desain yang telah diuraikan hanya merupakan unsur yang umumnya terdapat dalam organisasi. Penggunaan konsep-konsep tersebut sangat tergantung pada pertimbangan para manager dalam menetapkan pilihannya.

ORGANISASI FORMAL :

PENGERTIAN : Merupakan sistem tugas, hubungan wewenang, tanggung jawab dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajemen agar pekerjaan dapat dilakukan.


ORGANISASI INFORMAL :

PENGERTIAN : Suatu jaringan pribadi dan sosial yang tidak dilakukan atas dasar hubungan wewenang formal.

Tidak ada komentar: