Kamis, Oktober 25, 2007

Handout OP Pt ke-5

Handout OP Pt ke-5
Dosen: Dra. Yasnimar Ilyas, M.Si.

LINGKUNGAN DAN JENISNYA

Menurut Gareth R. Jones, pengertian lingkungan adalah sekumpulan kekuatan yang mengelilingi organisasi secara potensial akan mempengaruhi kinerja organisasi dan kemampuan organisasi dalam mencari suber daya yang langka. Pengertian dari Jones tersebut mengandung makna bahwa lingkungan memiliki kekuatan untuk menekan organisasi. Lingkungan organisasi yang dapat menekan organisasi umumnya berhubungan dengan kemampuan organisasi untuk mendapatkan suber-sumber yang langka, misalnya bahan mentah, teknologi, kredit perbankan, tenaga kerja terampil dan sebagainya.
Kemampuan untuk memperoleh barang yang langka akan menentukann ongkos produksi, ongkos produksi akan menentukan besarnya keuntungan. Bagi organisasi bisnis keuntungan adalah merupakan ”nyawa” bagi organisasi. Jika ongkos produksi tinggi akan menekan harga menjadi tinggi dan akhirnya ketika harus berhadapan dengan pesaing , organiasai akan kalah. Sedang dalam organisasi publik bukan laba yang diutamakan tetapi adalah kepuasan konsumen. Organisasi memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Agar kelangsungan produksi barang dan jasa dapat terjamin dan dapat memenangkan persaingan maka organisasi perlu menjaga hubungan baik dengan para stakeholder.
JENIS-JENIS LINGKUNGAN
Pada umumnya para ahli organisasi (Jones, Hacth, Osborn dkk, Robbins) membagi lingkungan menjadi dua yaitu : lingkungan khusus dan lingkungan umum. Menurut Hodge dan Anthony lingkungan mikro dan makro. Lingkungan umum mencakup segi yang lebih luas seperti faktor politik, ekonomi, sosial budaya, hukum, lingkungan alam. Lingkungan umum penting bagi organisasi namun pengaruhnya umumnya tidak secara langsung bagi organisasi. Sedangkan lingkungan khusus menurut Robbins adalah bagian dari lingkungan yang langsung mempengaruhi kinerja organisasi atau ada yang menyebutnya sebagai stakeholders. Lingkungan khusus ini terdiri dari antara lain pelanggan, pemasok, serikat buruh, pemerintah, dan pesaing.

Gambar hubungan organisasi dengan lingkungan umum menurut Hatch


Lingkungan sosial
Lingkungan sosial berhubungan dengan masalah-masalah kependudukan, struktur sosial, gaya hidup . Saat ini muncul gaya hidup kaum strata atas dari penduduk Jakarta yang suka jalan ke mall atau café untuk rekreasi atau istirahat .

Lingkungan budaya
Persoalaan budaya merupakan persoalan yang berhubungan dengan tradisi, kebiasaan, nilai, norma, sejarah dan prilaku. Budaya ini akan berpengaruh kepada prilaku anggota organisasi, gaya kepemimpinan dan struktur organisasi.

Lingkungan hukum
Lingkungan hukum merupakan lingkungan yang berhubungan dengan praktek konstitusional di tempat perusahaan beroperasi.

Lingkungan ekonomi
Lingkungan ekonomi umumnya memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap organisasi perusahaan.lingkungan ini meliputi pasar tenaga kerja, pasar uang, dan pasar barang dan jasa., system perbankandan hal-hal yang berhubungan analisis ekonomi.

Lingkungan Politik
Lingkungan politik umumnya dihubungkan dengan tingkat distribusi kekuasaan dalam system politik dimana orgganisasi perusahaan tersebut.Umumnya lingkungan politik berkait erat dengan sektor hukum , ekonomi, dan dipengaruhi juga oleh pergerakan pada sektor lain.

Lingkungan teknologi
Lingkungan teknologi berhubungan dengan ketesedian pengetahuan dan teknologi yang dapat digunakan oleh organisasi perusahaan untuk memproduksi, mendistribusikan barang dan jasa.